Suara Detik
BERITA

Kaya itu bukanlah lantaran banyak harta. Tetapi, kaya itu adalah kaya jiwa.” (HR Bukhari dan Muslim)

DUMAI – Suara Detik.com –Hadits di atas mengingatkan kepada kita bahwa orang yang kaya harta bisa saja ia sesugguhnya adalah orang miskin disebabkan karena lemahnya jiwa atau iman. Orang seperti ini disebut orang miskin jiwa.

Tidak jarang kita jumpai beberapa orang kaya enggan mengeluarkan zakat dan sedekahnya karena jiwa atau hatinya memang miskin. Mereka sesungguhya telah kufur atau ingkar dari perintah Allah.

Selain itu, tidak jarang kita jumpai beberapa orang kaya melakukan kecurangan dalam berbisnis demi mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Ini adalah keserakahan yang menunjukkan kemiskinan jiwa.

Juga, tidak sedikit kita jumpai orang-orang yang secara material sudah kaya raya, tetapi mereka melakukan korupsi besar-besaran yang merugikan negara dan menyengsarakan rakyat. Orang-orang seperti itu sesungguhnya adalah orang-orang miskin.

Mereka miskin bukan karena kekurangan harta benda duniawi tetapi kurangnya iman kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Na’udzubillah min dzalik….

Sahabat, semoga kita tidak menjadi bagian dari orang-orang yang miskin jiwa, yang gila akan harta dunia dan tidak peduli terhadap saudara-sebangsanya yang membutuhkan.

Yuk, sucikan harta dan diri kita dengan menyalurkan zakat terbaik Anda bersama Global Zakat ACT. Salurkan melalui:

BNI Syariah # 99 0000 466
Muamalat # 304 007 0967

#MustDoZakat
#GlobalZakat

Related posts

Langgar Disiplin, Diduga Tiga Oknum Pegawai UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Rugikan Negara

redaksi

Bulan Syawal ini, Dapur Umum Indonesia Kembali Layani Anak Yatim Gaza

redaksi