Suara Detik
DUMAI HEADLINE

Bambang Wardoyo Akan Menerjunkan Anggotanya ke J Mex Pub/KTV

DUMAI.(Suara Detik.com)-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Dumai, yang di komandoi Bambang Wardoyo semestinya bertindak cepat. Untuk menyikapi polemik yang berkembang terkait keberadaan J Mex Pub/KTV yang beroperasi di Jl. Mangga, notabene sebagai kawasan tempat pemukiman.

Peraturan Wali Kota (Perwako) Dumai Nomor 162/DPM/PTSP 2019 Tentang “Penetapan Jumlah Usaha dan Izin Usaha, Arena Permainan dan Tempat Karaoke”. Jelas-jelas mengatur pengusaha tempat karaoke hanya boleh membuka tempat usahanya sesuai dengan yang telah di tentukan dalam aturan dan termasuk aturan mengenai jam operasional.

Tugas dan Fungsi Satpol PP sebagai institusi pengawal dan penegakan Peraturan Daerah (Perda) semestinya tak perlu segan untuk bertindak dan mengambil langkah tegas. Apalagi jika dibiarkan akan menimbulkan keresahan dan bisa berakibat terjadinya kegaduhan.

Terkadang ada satu alibi dan menjadi alat pembenaran bahwa tempat usaha tersebut telah memiliki izin, sebenarnya alasan tersebut dapat saja diterima, akan tetapi ada celah lain untuk melakukan proteksi. Semisal memeriksa izin apakah saat izinnya mengunakan cara-cara tidak prosedural atau terjadi manipulasi data dan syarat. Tentu saja izin yang telah terbit dapat dicabut atau dibatalkan, apalagi tempat usaha tersebut sedari awal telah menuai polemik di masyarakat.

Berdasarkan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP), operasional tempat usaha di Dumai telah diatur secara ketat, di antaranya, untuk arena bermain dibuka dari Pukul 10.00 WIB s/d Pukul 22.00 WIB. Usaha Karaoke buka dari Pukul 14.00 WIB s/d Pukul 01.00 WIB dan Karaoke keluarga dari pukul 14.00 WIB s/d Pukul 23.00 WIB.

Bambang Wardoyo, sewaktu di konfirmasi Rabu, (18/09/2019) mekalui HP untuk diminta pendapat terkait keberadaan J Mex Pub/KTV “Sebenarnya bukan kapasitas saya untuk menjawab, karena bukan saya yang mengeluarkan izin, tanya saja ke Kantor Dinas (DPMPTSP) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu,” ujarnya membuka percakapan

Selanjutnya ia menambahkan. ” Pastinya sampai sekarang belum ada tembusan surat dimeja saya terkait izin tempat karaoke tersebut, dan berterima kasih atas informasinya, karena selama ini Satpol PP selalu di persalahkan apabila terjadi polemik atau keributan yang berkaitan dengan Perda. Dan ia berjanji dalam waktu dekat akan perintahkan anggotanya untuk ke lapangan menyikapi polemik yang terjadi, namun jika tidak berizin, pastinya akan ditutup sesuai dengan aturan yang ada.” pungkasnya.***

Penulis : Zainal Arifin/ Bung Feri

Related posts

Prihatin Kabut Asap Selimuti Rupat , Kepala UPT Damkar Rupat Bagikan Ratusan Masker Ke Masyarakat

redaksi

Forkopinda dan Komponen Masyarakat Rohil Bersama Ciptakan Rohil Yang Demokrasi.

redaksi

Wawako Beribadah Di Musholla Al Mukminun

redaksi